Tirta Gangga, Taman Air Indah di Karangasem

By: Bagus Negara
4.71/5 (7)

Tirta Gangga adalah sebuah taman air yang berlokasi di kabupaten Karangasem di timur pulau Bali atau dengan 2 jam berkendara dari arah Denpasar [Lihat Peta]. taman air Tirta Gangga di bangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem saat itu yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Taman air ini di bangun sebagai tempat persinggahan dan rekreasi untuk keluarga kerajaan dan tamu-tamu negara yang berkunjung ke Bali kala itu kemudian tidak lama setelah itu tirta gangga di buka untuk umum dan wisatawan.

Tirta Gangga

Taman Air Tirta Gangga

Taman air adalah sebuah kompleks berbagai kolam seperti kolam koi, kolam teratai, dan kolam renang. taman air ini memiliki 3 kolam utama dengan sebuah tugu air mancur indah di tengahnya. dengan bangunan yang bernuansa bali kuno, taman air ini menyajikan tatanan keindahan taman air yang lengkap.

Di bangun di sebuah desa di dekat gunung agung sebagai gunung tertinggi dan paling di sucikan oleh umat hindu di Bali. alamnya yang asri dan sejuk memperkuat kesan alami yang menjadikannya sebagai tujuan utama tempat wisata di Bali.

Tentang Taman Air Tirta Gangga Karangasem

Adapun makna dari Tirta Gangga adalah Tirta yang berarti air suci dan gangga merujuk pada sungai paling di sucikan di India dan oleh umat Hindu di Dunia. Tentu nama ini bukanlah hanya sebutan belaka karena air di Tirta gangga sangat jernih karena berasal dari mata air langsung. dengan sistem pengairan yang kuno namun efektif dimana air ini selanjutnya akan mengairi ladang petanian di desa ini.

Pertama kali memasuki kompleks Tirta Gangga anda akan disambut oleh beberapa patung sebagai pertanda selamat datang. Terdapat sebuah kolam dengan berbagai patung ditengahnya dan anda dapat berjalan di tengah kolam tersebut karena tersedia jalan setapak yang dapat anda lalui.

Jejeran patung di tirta gangga

Sebuah kolam besar yang menyambung pada sudut lainnya dengan beberapa air mancur kecil di tengahnya serta dua jembatan dengan ukiran dan patung naga menyempurnakan keindahan taman air ini. Pada bagian tengah kompleks ini terdapat juga sebuah tugu dengan air mancur yang sangat indah. Kesemua kolam di tirta gangga kecuali kolam renang di hidupi oleh berbagai jenis ikan-ikan terutama ikan koi dimana diantaranya telah berumur puluhan tahun maka tidak heran beberapa diantara mereka memiliki ukuran yang sangat besar.

Kolam tirta gangga

Patung dan ikan koi

Bunga Teratai

Kolam ikan koi

ikan koi di tirta gangga

pada sudut lain tirta gangga terdapat sebuah kolam renang dimana ini adalah salah satu daya tarik taman air ini karena banyak wisatawan lokal dan mancanegara sengaja datang untuk berenang. anda tidak perlu khawatir dengan kualitas air di kolam renang ini karena sangat jernih bahkan anda bisa meminumnya langsung karena air datang dari sumber mata air yang kemudian terus mengalir. Kolam renang ini juga terbilang berukuran besar jadi anda tetap bisa berekreasi walaupun sedang banyak pengunjung.

Kolam renang tirta gangga

Fasilitas penunjang yang terdapat di tirta gangga salah satunya terdapat sebuah restorant di bagian atas kompleks yang menyajikan berbagai hidangan kamanan dan minuman. Selain terdapat berbagai kolam dan penunjang fasilitas, ada sebuah pura yang secara rutin di datangi oleh para jemaat.

Itulah berbagai hal yang bisa anda nikmati di Tirta Gangga semoga taman air menjadi bagian utama perjalanan wisata anda selama di Bali, Selamat Berlibur dan Enjoy Bali. ๐Ÿ™‚

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga