Terasering Jatiluwih, dengan Suasana Pedesaan Indah

By: Bagus Negara
4.5/5 (4)

Menjauhlah dari hingar bingar perkotaan walau penuh dengan gemerlap pariwisata di selatan pulau Bali dengan pantai-pantainya seperti pantai kuta, pantai dreamland, pantai padang-padang, dll, dan berkendaralah ke arah utara di kabupaten Tabanan dimana suasana asri akan menyambut anda dengan nuansa khas pedesaan Bali maka nikmatilah indahnya terasering Jatiluwih. Di Bali sendiri selain jatiluwih, orang-orang lebih mengenal terasering tegalalang di Ubud sana padahal terasering jatiluwih menurut saya lebih indah seperti yang berikut akan saya jabarkan.

Mari mengenal terlebih dahulu apa itu terasering. terasering adalah jenis lahan sawah berundag, tujuan dibuatnya sawah terasering untuk mempermudah penanaman padi pada lahan yang memiliki kemiringan yang curam. Karena dibuat secara menumpuk dan berundag maka akan terciptalah pemandangan spektakuler disaat sawah sedang menghijau, apalagi jika lahan tersebut terbentang luas.

Lokasi Terasering Jatiluwih
Terasering jatiluwih terletak di kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan. Tepat di jantung pusat pertanian di Bali. Berjarak kurang lebih 50 kilometer dari Kota Denpasar dengan berkendara selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Jalan yang berlika-liku mungkin akan membingungkan anda dengan menyusuri desa-desa kecil, namun marka jalan sebagai penunjuk arah terbilang cukup untuk menuntun anda sampai di tujuan. Tapi jika anda lebih mudah silahkan [Lihat Peta]

Terasering Jatiluwih, Indahnya sawah membentang di Bali

Terasering jatiluwih, atau bisa juga disebut jatiluwih sebenarnya adalah sebuah desa di ujung utara kabupaten Tabanan, Bali. Lahan persawahan dengan terasering atau berundag-undagnya yang membuat tempat ini begitu di kenal orang para wisatawan dari dalam maupun mancanegara, telebih bagi mereka yang menyukai wisata alam yang menyajikan ketenangan dan keindahan alam.

terasering jatiluwih

Berbeda dengan terasering tegalalang di ubud dimana lahannya yang hanya beberapa hektar, terasering jatiluwih memiliki lahan persawahan terbentang hingga ratusan hektar dan sejauh mata memandang adalah lahan terasering yang luar biasa hingga terbatasnya mata manusia untuk memandang lebih jauh.

terasering jatiluwih di bali

Berada di dataran tinggi juga membuat nilai tambah dari terasering jatiluwih sehingga anda juga dapat melihat pemandangan dibawah sana. disisi lain desa jatiluwih juga yang tidak kalah menariknya adalah desa ini berada tepat di kaki dua buah gunung. So, anda tidak akan mendapatkan pemandangan se indah ini selain di jatiluwih.

Jangan berhenti sampai disana!, di sepanjang jalan desa jatiluwih pada satu sisi berjejer warung makan, cafe dan restoran yang menyajikan hidangan dan minuman untuk anda sambil memandang indahnya pemandangan mempesona ini dengan makanan khas nasi merahnya. Udara bersih, pemandangan indah, orang-orang yang ramah, dan makanan sehat. ahhh… ini baru namanya berwisata!.

Nah, bagaimana? tertarik mengunjunginya? datang pada sepanjang tahun tidak akan membuat anda kehilangan moment saat padi-padi itu menghijau dan menguning karena lahan persawahan di terasering jatiluwih di tanam pada sepanjang tahun. Jangan lupa juga anda hanya perlu berkendara setengah jam lagi menuju begudul yang terkenal dengan danau-danau nya yang indah sebagai tempat wisata di bali. Selamat Berlibur, dan Enjoy Bali.

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu 'gak hanya pantai.

Lihat Juga