Pura Ulun Danu Beratan, dengan Danau Indah Menawan

By: Bagus Negara
4.5/5 (4)

Seperti yang banyak di kenal orang, Bali memiliki banyak nama panggilan dimana salah satunya adalah sebagai pulau seribu pura, dan memang kenyataan tersebut benar adanya dimana sebagian besar masyarakat bali memeluk agama Hindu, seperti hal nya tempat ibadah agama lainnya, Pura-Pura di Bali juga di fungsikan sebagai tempat peribadatan untuk umat Hindu di di Bali. Dan juga karena memiliki unsur sejarah, keindahan arsitektur serta suasana hening, dan penuh kedamaian nya, banyak Pura di Bali juga banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional sebagai tujuan wisata dan salah satunya yang paling terkenal adalah Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul.

pura ulun danu beratan

Lokasi
Untuk mencapai Pura Ulun Danau Beratan Bedugul Bali dapat di tempuh dengan menggunakan mobil sekitar 1,5 jam perjalanan dari Denpasar atau sekitar 60 Kilometer. Letak Pura Ulun Danu Beratan berada tepat dipinggir jalan utama jalan penghubung antara kota Denpasar dan Kota Singaraja di utara.[Lihat Peta]

Tentang Pura Ulun Danu Beratan

Dan dari banyaknya Pura yang terkenal di Bali adalah salah satu pura yang terletak tepat di tengah-tengah pulau Bali tepatnya di pinggir sebuah danau nan indah bernama danau beratan, dan Pura ini sendiri memiliki nama Pura Ulun Danu Beratan. Desa tempat berada nya pura ini adalah Desa bedugul dimana bedugul terkenal dengan udara yang sejuk karena berada di daratan tinggi, dan danau nya sendiri adalah bekas salah satu dari dua kaldera raksasa gunung api purba pembentuk pulau bali, salah satunya adalah danau batur.

Pura Ulun Danu Beratan sendiri adalah pura yang ditujukan untuk pemujaan Dewi Danu atau secara harafiah dapat di artikan sebagai Dewi Danau sebagai simbol pemberi kesuburan dan kemakmuran untuk penduduk desa bedugul dan tentu saja juga dapat di peruntukan untuk pemujaan Para Dewa Utama umat Hindu Bali yakni Tri Murti (Brahma, Wisnu dan Siwa).

Karena keindahaan pura ini, Pura Ulun Danu Beratan sering di abadikan pada kanvas sebagai lukisan, sebagai objek untuk memperkenalkan Pulau Bali di mata dunia dan bahkan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul juga tercetak dalam pecahan mata uang rupiah Rp.50,000.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul tidaklah hanya dua bangunan pura di atas danau tetapi juga memiliki areal yang lebih luas serta juga terdapat taman-taman indah di sekelilingnya serta tempat rekreasi yang menarik disekitar danau seperti penyewaan boat untuk mengelilingi danau Beratan.

Desa Bedugul sendiri adalah representasi kerukunan umat beragama di pulau Bali karena tepat di seberang jalan berdiri sebuah Masjid yang umurnya sudah ratusan tahun sebagai tempat beribadah umat Muslim di bedugul dimana mereka ini disebut sebagai Muslim Bali karena menggunakan nama dan bahasa Bali.

Dan Oh ya jangan lupa juga untuk mengujungi beberapa objek wisata menarik lainnya yang terdapat di desa Bedugul dimana salah satunya adalah Bali Botanical Garden atau Kebun Raya Bedugul yang sangat indah yang sudah kami tulis jika anda tidak berkeberatan anda juga dapat membacanya juga disertai dengan gambar-gambar yang lengkap sehingga semoga menjadi bagian utama tempat wisata di bali. Akhir kata, Selamat berwisata dan Enjoy Bali.

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga