Pura Tanah Lot, Anda Belum Ke Bali Jika Belum Ke Pura Ini

By: Bagus Negara

Kira-kira apa menurut anda tempat wisata di bali paling populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara, mungkin anda akan mengatakan pantai kuta atau Pura Ulun Danu Beratan dimana pura tersebut tercetak pada lembaran mata uang 50.000 rupiah. Akan tetapi tidak ada yang menandingi ketenaran Pura Tanah Lot sampai-sampai ada selentingan para wisatawan “jika anda berkunjung ke Pura Tanah Lot saat berwisata ke Bali maka anda belum ke Bali“.

Selain ketenarannya yang membuat sangat dikenal dunia apalagi yang membuat para wisatawan terus berdatangan ke Pura ini untuk berwisata yang tidak ada bosan-bosannya. Nah, kalau begitu mari kita bahas lebih detail tentang Pura Tanah Lot.

Lokasi Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot berlokasi kira-kira sekitar 17Km ke arah barat dari kota Denpasar. Jalan tercepat yang bisa di tempuh adalah dengan memotong jalan melalui daerah canggu. Namun terkadang jalur ini sangat sibuk dan anda mudah sekali terjebak kemacetan dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang ada di daerah ini. Jalur kedua yang bisa ada lalui adalah lewat Tabanan Kota, sampai di kecamatan Kediri lalu belok ke arah selatan. Jalur ini juga di sukai karena anda bisa terbebas kemacetan walaupun akan lebih jauh 10Km. Untuk Lebih detail [Lihat Peta].

Sejarah Pura Tanah Lot.

Pura Tanah Lot di bangun pada abad ke 15 Masehi saat Bali dipimpin oleh Raja Waturenggong. Awalnya ada orang suci penyebar Agama Hindu Siwa yang datang dari tanah Jawa bernama Dang Hyang Nirartha. Beliau datang ke Bali bertujuan untuk memperkuat ajaran Hindu Siwa dan Menyebarkan ke masyarakat yang lebih luas. Kedatangan beliau disambut baik oleh Raja Waturenggong. Saat melakukan perjalan di daerah yang kini menjadi Pura Tanah Lot, Beliau melihat sinar dari arah pinggir laut dan memutuskan untuk mencari sumber cahaya itu. Sesampainya disana beliau bersemedi untuk mendapatkan anugrah dari para Dewa.

Akan tetapi kedatangannya di tempat itu tidak dikehendaki oleh seorang pemimpin desa setempat dan menganggap beliau sebagai musuh. Karena pemimpin desa dan sebagian warga desa dulunya adalah penganut kepercayaan pagan. Orang-orang desa berusaha mengusir Dang Hyang Nirartha dari tempatnya bersemedi. Tak disangka Dang Hyang Nirartha menganggat batu tempatnya bersemedi kemudian meletakkannya di tengah laut sehingga beliau bisa menghindari gangguang warga desa.

Melihat hal ajaib itu, pemimpin desa dan semua warga tercengang dan mempercayai apa yang di sampaikan Dang Hyang Nirartha, kemudian semua warga di desa tersebut memeluk Agama Hindu Siwa. Setelah berhasil membujuk warga desa untuk memeluk Hindu Siwa kemudian Dang Hyang Nirartha meminta masyarakat setempat membangun sebuah Pura untuk pemujaan para Dewa. Pura itu dikenal sampai sekarang bernama Pura Tanah Lot yang artinya adalah batukarang yang berada di tengah lautan.

Keindahan Pura Tanah Lot sebagai Objek Wisata Utama di Pulau Bali.

Coba tanya kepada semua orang tentang Pura Tanah Lot. Pasti semua mengenalnya sebagai ikon pariwsata di Bali. Waktu sehari akan terasa kurang untuk menikmati pesonannya karena akan ada banyak hal yang bisa anda lakukan di tanah lot selain berfoto. Pura Tanah Lot sendiri adalah tempat wisata yang sangat cocok sekali dikunjungi oleh keluarga. disini selain kita bisa berwisata juga sebagai tempat pengenalan budaya, Agama di Bali dan juga sejarahnya, nah apa saja yang bisa anda lakukan di tempat wisata ini.

pura tanah lot bali

Menikmati Pura Tanah Lot dari dekat.

Karena Pura ini berada agak ke tengah laut maka anda harus turun ke bawah untuk melihat keindahannya dari dekat, tentu saja anda bisa melakukannya saat air laut sedang surut. Karena jika air laut sedang pasang maka biasanya para umat yang datang ke Pura harus menggunakan sampan untuk sampai di batu karang tempat Pura ini berada.

Untuk para wisatawan tidak diperkenankan untuk memasuki area Pura tetapi ada sebuah atraksi menarik yang berada di bawah sana, seperti sebuah goa dengan ribuan ular di dalamnya. ular-ular tersebut adalah ular laut yang sangat berbisa, hebatnya anda bisa memegang ular-ular tersebut tanpa takut di gigit karena ular tersebut sangat jinak.

Kemudian tepat dibawah karang tempat Pura utama ada seorang yang memberikan air suci kepada wisatawan. Air suci ini di dapat dari dalam Pura. Walaupun berada di tengah laut dan karang tempat Pura ini berada tidak terlalu luas namun terdapat mata air tawar yang sangat segar dan menyejukan muncul dari dalam Pura. Ajaib bukan? Jadi anda harus datang langsung untuk mengetahuinya.

Memandang Pura Tanah Lot dari atas Tebing.

Jika anda berencana untuk berwisata lebih lama di Pura Tanah Lot maka saya sarankan anda untuk datang lebih siang sekitar pukul 2 atau 3. karena setelah anda menikmati pesona Pura ini dari dekat anda bisa naik ke atas tebing-tebing di sekitar Pura Tanah Lot. diatas tebing berjejer warung berbentuk cafe untuk anda bisa bersantai yang dilindungi payung menikmati hidangan atau minuman sambil menunggu kala sunset karena sunset di pura tanah lot sangat spektakuler, siluet Pura yang terkontras pada warna emas keunguan sunset benar-benar menenangkan hati dan jiwa. Saya sendiri saat melakukan peliputan untuk artikel ini di Pura Tanah Lot sampai terbawa suasana sampai-sampai lupa sedang melakukan peliputan karena keindahannya yang membuat anda terhipnotis.

sunset di pura tanah lot bali

Pura Batu Bolong di Pura Tanah Lot.

Terdapat juga sebuah Pura yang berada di atas tebing di mata sisi bawah tebing tersebut yang berlubang sehingga di namai Pura Batu Bolong. Posisi Pura Batu Bolong berada sekitar 400 meter ke arah barat dari Pura Tanah Lot. Aksesnyapun sudah dibangun sedemikian rupa jadi anda tinggal jalan sebentar untuk sampai di Pura ini. Mampir lah sebentar.

pura batu bolong di tanah lot bali

Keamanan di Pura Tanah Lot.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang kemudian akan mengacaukan rencana wisata anda di pulau Bali. Saya sarankan untuk jangan terlalu dekat dengan bibir karang yang berada di sekitar Pura Utama karena hempasan ombak pada karang disini sangatlah kuat yang bisa membuat anda terkempas ke karang yang tajam.

Hati-hati dengan tebing yang berada di atas Pura karena beberapa sudut tebing tidak memiliki pengaman serta di sudut lainnya pengaman tebing tidaklah kokoh. selalu berhati-hati agar anda tidak terhempas kebawah tebing. pastikan pengaman tebing yang anda pegang sangat kokoh.

Nah itu dia semua hal yang bisa saya ceritakan tentang Pura Tanah Lot. Jika anda berpikir “ah apa bagusnya sebuah Pura di atas batu karang?“. Berarti anda salah karena pada dasarnya Tanah Lot bukanlah sekedar sebuah Pura di atas Karang akan tetapi lebih dari pada itu. maka dari itu saya sarankan anda untuk datang langsung ke Pura ini. Akhir kata, Semoga Bermanfaat untuk referensi tempat wisata di bali anda. Selamat Berwisata, dan Enjoy Bali. 🙂

Objek Wisata Lainnya