Pantai Sanur, Pemandangan Sunrise Terindah

By: Bagus Negara
4.33/5 (6)

Bila anda dari luar bali dan melakukan tamasha ke pulau Bali saat SMA pasti salah satu tujuan utama wisata adalah pantai sanur. Memang pantai ini adalah salah satu gerbang dan asal mula populernya pariwisata di Bali hampir 100 tahun lalu dan juga sebagai tempat bersejarah karena di pantai inilah pasukan bala tentara Belanda di 1916 lalu melakukan agresi militer besar besaran ke pulau Bali khususnya untuk menyerang kerajaan Badung sebagai bentuk intervensi pemerintahan kemudian dikenal dengan Perang Puputan.

Dari segi pariwisata Pantai ini adalah salah satu pantai paling terkenal di Bali, namun tidak seperti pantai-pantai terkenal di Bali lainnya seperti pantai kuta atau pantai dreamland. pantai sanur cenderung lebih sepi untuk pantai yang sangat terkenal dan bersejarah. Walaupun perlahan kehilangan popularitas tetapi pantai ini tetap menjadi salah satu tujuan utama tempat wisata di Bali.

Lokasi
Terletak di timur pusat kota denpasar yang hanya butuh waktu 10 menit untuk mencapainya memang sebagian besar pengunjung pantai adalah wisatawan lokal karena letaknya dekat dengan pusat kota serta mudah dijangkau. [Lihat Peta]

pantai sanur

Keindahan pantai Sanur.

Tidak salah jika pantai ini menjadi saksi sejarah berkembangnya pariwisata di pulau Bali karena memang pantai ini benar-benar indah. di dominasi oleh hotel-hotel berkelas yang telah dibangun di era 70an dan bahkan sudah ada di era 50an salah satunya adalah Hotel Bali Beach yang berdiri kokoh di sudut selatan pantai sanur yang menjadikannya satu-satunya gedung bertingkat lebih dari 5 lantai di Bali. mungkin banyak yang bertanya, dengan boomingnya pariwisata di Bali mengapa tidak ada bangun tinggi di Bali. ini dikarenakan oleh peraturan adat di Bali dimana sebuah bangunan tidak boleh memiliki tinggi melebihi tinggi pohon kelapa. tapi sepertinya Hotel Bali Beach termasuk pengecualian karena hotel ini dibangun atas perintah langsung dari presiden pertama republik ini yaitu Ir. Soekarno.

gazebo pantai sanur

kano pantai sanur

Baik, itu salah satu cerita unik tentang pantai sanur. bagaimana dengan suasananya?. Pantai ini memiliki karakteristik berpasir putih dengan struktur agak kasar karena di lepas pantai terdapat banyak terumbu karang yang tumbuh subur dimana ketika terumbu karang ini mati maka akan terhempas ke pantai, nah terumbu karang inilah yang membentuk pasir di pantai ini.

jukung di pantai sanur

Sebagaimana seperti yang saya sampaikan bahwa pantai ini adalah pantai yang telah populer cukup lama maka sarana dan prasarana sangat lengkap disini, mulai dari sarana umum serta sarana penunjang rekreasi seperti kano sehingga anda dapat menikmati pantai ini sambil berdayung ria di sekitar pantai.

hotel bali beach pantai sanur

Pantai sanur sangat cocok untuk pengujung dengan keluarga, pantai ini juga memiliki ombak yang baik untuk olah raga air seperti surfing dan selancar angin. dari tempat inilah Bali memiliki atlet selancar angin terbaik se asia. dan bila anda beruntung anda akan dapat melihat atlet-atlet internasional ini sedang berlatih.

Pantai sanur juga di sebut sebagai salah satu “pintu masuk” ke pulau nusa penida, nusa ceningan, nusa lembongan atau gili trawangan (pulau lombok) karena banyak speedboat penumpang berjejer di sepanjang pantai yang siap mengantar anda ke pulau-pulau kecil di sekitar Bali yang ingin anda tuju.

sunrise pantai sanur


Keindahan sunrise

Tahu apa yang terkenal tentang pantai sanur lainnya? ya, sunrise atau matahari terbit nya yang sangat spektakuler. datanglah pada saat subuh, anda akan melihat ratusan orang berjejer di pinggi pantai demi menyaksikan keindahan matahari terbit di pantai sanur yang terkenal itu. sekali anda pernah melihat sunrise di pantai ini maka anda akan takjub dan terjengang sehingga membuat anda ingin terus datang ke pantai sanur. cobalah sesekali. 🙂

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga