Pantai Nusa Dua, Pantai Indah di Ujung Selatan Bali

By: Bagus Negara
4.5/5 (2)

Jika anda menyukai kawasan pariwisata yang mewah di bali maka kawasan pantai nusa dua adalah jawabanya. Menjadi salah satu tempat pariwisata elit di Bali selain kawasan Ubud yang terkenal dengan budaya dan alam yang indah. Walau berlabel elit bukan berarti para wisatawan yang berkantong tipis tidak dapat memasuki atau menikmatinya karena kawasan ini juga dibuka kepada masyarakat luas sebagai tempat wisata di bali terbaik.

Lokasi
Pantai nusa dua berada kompleks perhotelan di kawasan selatan Bali, Hanya 20 menit berkendara dari Denpasar, anda perlu masuk wilayah BTDC atau Bali Tourism Development Corporation. Kawasan ini sendiri terdiri dari ratusan hektar kompleks perhotelan mewah dengan tata kota berkelas internasional. Jika anda ingin berkunjung di kawasan pantai dan pertama kali memasuki BTDC memang agak sulit untuk menemukannya. untuk itu saya sediakan peta untuk anda agar lebih mudah untuk mencarinya. [Lihat Peta]

Pantai Nusa Dua dengan fasilitas elit di sekelilingnya.

Kawasan ini tidak hanya memiliki hotel hotel terbaik di Bali namun juga banyak fasilitas penunjang pariwisata seperti spa, restaurant, theatre dan golf. Untuk umum yang tidak menggunakan fasilitas BTDC atau hanya mengunjungi objek wisata seperti pantai juga dapat memasuki tempat ini dengan bebas.

Salah satu pantai yang indah di sini adalah pantai nusa dua, pantai ini sangat panjang dan jika pasang dan gelombang sedang baik anda tidak hanya bisa berenang atau sekedar berjemur namun juga bisa berselancar karena pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk melakukan olahraga ini.

Sedikit jauh dari pusat kota Denpasar, sehingga pantai ini tidak terlalu ramai oleh pengunjung sehingga cocok untuk anda yang butuh ketenangan atau untuk keluarga.

Hal luar biasa dari pantai dan kawasan BTDC pada umumnya adalah dimana tempat ini juga sering digunakan untuk acara formal antar negara seperti perhelatan acara antar negara terbesar terakhir yang di selenggarakan adalah APEC atau Asia-Pacific Economic Cooperation pada 2013 lalu.

Dan jika ada kunjungan kenegaraan dari negara sahabat dan tidak dilangsungkan di Jakarta maka Nusa Dua adalah tempatnya para pemimpin dunia saling bertemu.

Lingkungan yang tertata rapi, indah, asri dan nyaman membuat anda akan betah berada di tempat ini dan tentu saja pesona terbaiknya adalah pantai nusa dua yang indah itu sendiri.

Keindahan pantai nusa dua

Setelah panjang lebar kita membahas tentang kawasan BTDC mari kita membahas pantainya yang sangat indah. terbentang dari ujung selatan hingga utara dengan pasir putih kecoklatan membuat anda tidak akan habis sehari menyusuri pantai ini. karena panjangnya itu juga membuat pantai ini terlihat lebih lega dan walau pengunjung sedang ramai maka tidak akan terlihat semrawut.

Ada beberapa sudut dari pantai nusa dua yang perlu anda ketahui yang menyajikan nuansa yang berbeda-beda.

Kawasan Peninsula island

Adalah sebuah daratan yang menjorok ke laut, sebenarnya peninsula island adalah sebuah tanjung kecil tapi orang-orang lebih suka menyebutnya dengan itu. di peninsula island terdapat patung Rama dan Laksmana dengan tinggi kira-kira 9 meter. dan tepat dibawahnya ada sebuah ruangan. di dalam ruangan itu terdapat sebuah Kitab Suci Weda raksasa dengan ukuran 2 meter persegi.

peninsula island nusa dua

patung rama dan laksmana

Di sekitar patung terdapat puluhan berbagai jenis tanaman yang ditanam langsung oleh para duta besar dan pemimpin negara sahabat sebagai bentuk persahabatan negara-negara tersebut terhadap Indonesia.

Pada ujung timur terdapatlah gugusan bebatuan vulkanik yang disebut dengan Water Blow. inilah salah satu kawasan terkenal di pantai nusa dua. formasi bebatuan vulkanik yang langsung berada di bibir laut membuat hempasan ombak dari laut menggelegar dan membuat sebuah semburan tinggi yang spektakuler. jika anda beruntung datang pada bulan Juli, agustus dan september maka dimasa inilah deburan ombak membumbung tinggi hingga ketinggian 20 meter. dan orang-orang benar-benar menikmatinya. tapi awas jangan terlalu dekat dengan bibir tebing karena sering terjadi kecelakaan. berikut saya sertakan video tentang waterblow.

Pantai Utama Nusa Dua

Baru memasuki kawasan pantai ada sebuah teluk kecil yang di apit oleh dua pulau maka itulah pantai nusa dua. sebagain pengujung pantai adalah para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal dengan keluarga, karena selain bisa menikmati wisata pantai anda juga dapat piknik bersama keluarga karena memiliki taman yang cantik dengan pepohonan rindang.

suasana pantai nusa dua

pantai nusa dua

Sisi Selatan Pantai Nusa Dua

Pada sisi sebelah selatan memang pantainya agak lengang, tapi di sisi inilah para wisatawan mancanegara menyukainya karena terdapat bar-bar dengan kursi santai khas pinggir pantai.

berjermur di pantai nusa dua

eksotisnya pantai nusa dua

pantai nusa dua yang memukau

sisi selatan pantai nusa dua

Olahraga surfing di pantai nusa dua.

Seperti halnya rata-rata pantai di Bali, di pantai nusa dua juga memiliki ombak yang baik untuk melakukan aktivitas selancar, terdapat banyak jasa penyewaan papan selancar di kawasan pantai nusa dua. lokasi ombak terbaik biasanya ada di sisi selatan pantai.

Dan itulah hal-hal penting yang bisa saya sampaikan tentang pantai nusa dua dan sekitarnya. semoga menjadi referensi saat kunjungan wisata anda ke Bali. Semoga bermanfaat, Selamat Berwisata dan Enjoy Bali.

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga