Pantai Green Bowl, Dengan Goanya yang Menawan

By: Bagus Negara
4.71/5 (7)

Kira-kira apa sih kriteria pantai yang indah di bali? apakah berpasir putih? laut yang tenang sehingga cocok untuk berenang di pinggir dengan air jernih pula? lalu ombak yang baik cocok untuk surfing di tengahnya? oh, dan jangan lupakan pemandangan indahnya juga di sekeliling pantai tersebut. kalaupun ada pasti pantainya ramai sekali. tapi ada satu pantai yang berada di kawasan Ungasan, Nusa Dua, Bali yang bernama pantai Green Bowl yang memenuhi semua kriteria termasuk tidak terlalu banyak pengunjung. Tapi untuk mencapai pantai ini anda perlu sedikit “berolah raga”. Mengapa? mari ikuti ulasan saya tentang Pantai Green Bowl ini.

Lokasi Pantai Green Bowl.
Pantai Green Bowl berada di kawasan bukit Ungasan, Nusa Dua, ke arah selatan dari Denpasar sekitar 20 kilometer. Tempatnya tepat di ujuuuuung selatan pulau Bali jadi jika anda berada di pantai ini berarti anda tepat berada di titik paling selatan pulau Bali. Nah, karena jalan menuju pantai green bowl termasuk sedikit rumit maka saya sudah siapkan peta untuk anda agar lebih mudah menemukannya. [Lihat Peta]

Pantai Green Bowl, Pantai Indah di Selatan Pulau Bali.

Berkendara ke arah selatan di kawasan penuh objek wisata kelas dunia di Bali anda akan banyak menjumpai pantai indah di Bali, selain pantai ada juga tempat wisata di bali berbasis budaya dan watersport. Pada ujung selatan, terdapatlah pantai yang sangat indah bernama pantai green bowl. sebenarnya di seputaran daerah sana ada pantai Pandawa yang mungkin sudah anda pernah dengar keberadaannya.

Baik mengenai Pantai Green Bowl adalah sebuah pantai berkarakteristik tebing. saat anda pertama kali sampai di parkiran memasuki pantai, ada sebuah Pura Besar untuk warga setempat dan pantainya sendiri berada tepat dibawah tebing. Kesampingkan dulu tentang akses menuju pantai, mari kita bahas bagaimana indahnya pantai Green Bowl ini. Sayang sekali saya tidak mendapatkan titik terang mengapa pantai ini disebut pantai green bowl. saya menduga karena 2 buah goa besar serta vegetasi hijau yang mengelilingi pantai ini menyebabkan mengapa pantai ini disebut demikian.

Pantai Green Bowl Bali

Berteduh di Pantai Green Bowl Bali

Pantai Green Bowl sangatlah bersih dengan pasir putihnya yang bahkan menyilaukan saat tering matahari di sang hari memantul ke pasir pantai. Sebelum menjejakkan kaki di pasir pantai ini, anda bisa melihat dengan jelas air yang biru ke hijau-hijauan yang sangat jernih sampai-sampai anda dapat melihat dasarnya serta terumbu karang yang ada disana. warna kehijauan dari dasar pantai ini saya menduga berasal dari tanaman rumput laut yang tumbuh liar di sepanjang bibir pantai. rumput laut ini saat terlepas dari karangnya terkempas ke pasir pantai. Jenis rumput laut ini adalah rumput laut yang biasa di konsumsi.

Kawasan Pantai Green Bowl adalah Kawasan Suci.

Seperti yang saya sampaikan pada tulisan diatas bahwa ada sebuah pura besar saat anda datang. tidak selesai sampai disitu, Salah satu dari dua Goa yang ada di dasar pantai sangatlah di keramatkan, hal ini bisa dilihat dari beberapa objek disana yang terlilit kain suci seperti kain kuning, putih ataupun “poleng” atau kain kotak-kotak.

Goa Pantai Green Bowl Bali

Untuk itu saya sarankan untuk menjaga kesucian tempat ini dengan tidak melakukan atau mengucapkan hal-hal yang tidak baik di dalam salah satu goa dan juga, jagalah kebersihan pantai, jangan buang sampah sembarangan. Oh ya, anda bisa berteduh, membentang alas pantai di dalam goa yang disucikan. ini tidak dilarang asalkan anda tidak menaiki batu-batu yang ada di dalam goa.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Green Bowl.

Untuk mendapatkan aktivitas terbaik di pantai green bowl saya sarankan untuk datang pada pagi atau sore hari. hindari saat siang hari karena udara sangat panas sekali walaupun anda berteduh di dalam goa bahkan itu akan memperburuk keadaan dimana anda akan seperti di kukus di dalam goa itu karena permukaan dinding goa diselimuti titik-titik air sehingga udara yang panas menguapkan air dari dinding goa tersebut.

Suasana Pantai Green Bowl Bali

Berenang di Pantai Green Bowl Bali

Berenang di bibir pantai green bowl adalah pilihan terbaik karena pada pinggir pantai airnya sangat jernih sekali dan tenang, tidak ada ombak menggulung di pinggir pantai kecuali anda berada sejauh 200 meter ke tengah laut dimana ombak yang ditimbulkan luar biasa cocok untuk olahraga surfing, itu mengapa banyak bule membawa papan surfing ke tengah laut.

Karena airnya yang jernih ini pula anda bisa sambil melakukan snorkling, namun sayangnya tidak ada penyewaan alat snorkling disini jadi silahkan anda bawa sendiri. sangat sayang untuk melewatkan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari.

Jangan lupa juga sambil “berpikinik” di pantai ada beberapa ibu-ibu yang menawarkan jasa message di pantai ini, harganya? ya silhkan tawar menawar karena tidak akan mahal menurut saya.

Akses Menuju Pantai Green Bowl.

Nah, ini dia pembahasan kita tentang akses menuju pantai green bowl dan mengapa di awal tadi saya membicarakan tentang “olahraga”. Dari parkiran untuk menuju pantai ada sebuah tangga yang lurus tanpa kelokan (setidaknya ada satu kelokan) langsung menuju pantai green bowl. tidak ada masalah saya kira untuk anda saat menuruni tangga karena tangga yang menurun. tapi saat kembali inilah mungkin akan menjadi masalah untuk anda jadi jangan habiskan tenaga anda saat beraktivitas di pantai karena ada hampir 300 anak tangga untuk kembali ke atas karena saya sendiri yang menghitung anak tangga tersebut (kurang kerjaan banget ngitung anak tangga segala.. hehehe..). Berhati-hatilah saat menuruni atau menaiki tangga tersebut, karena vegetasi yang lebat di kanan dan kiri terkadang anda tidak akan sadar ada monyet liar menghampiri. monyet disini nakal-nakal suka jambret barang orang seperti kaca mata, topi atau tas jinjing jadi pegang erat tas anda.

Fasilitas Pendukung di Pantai Green Bowl.

Walau terbilang sepi pengujung tapi pantai green bowl memiliki fasilitas yang cukup baik seperti tempat bilas, toliet, warung serta konstruksi beton pada tangga. tapi ya itu, toilet dan tempat bilasnya ada di atas tebing.

So, apakah anda merasa tertantang untuk datang ke pantai green bowl? pastinya.. pantai yang indah memang harus dicapai dengan sedikit perjuangan tapi percaya deh. pantainya sangat keren sekali jadi tidak akan ada ruginya bagi anda. Semoga Bermanfaat, Selamat Berwisata dan Enjoy Bali.

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu 'gak hanya pantai.

Lihat Juga