Beberapa Panggilan Orang Bali yang Perlu anda Ketahui

By: Bagus Negara

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan budaya serta adat dan istiadatnya, juga berbagai macam bahasa daerah. dan dari semua bahasa daerah tersebut memiliki karakternya tersendiri. dan seperti daerah lainnya di Indonesia. Pulau Bali yang dikenal dengan bahasa Bali nya memiliki panggilan orang Bali tersendiri dalam kehidupan sehari-hari.

 

Panggilan Orang Bali

Pic by: Donny

 

Panggilan orang Bali itu bermacam-macam.

Mengetahui panggilan orang bali sangat penting bagi anda yang pertama kali berkunjung ke Bali baik itu untuk yang merantau atau juga untuk mereka yang berwisata. Karena saat anda dapat lebih dekat bergaul dengan masyarakat lokal maka keramah-tamahan masyarakat lokal bisa anda dapatkan secara lebih, juga berlaku di daerah manapun di Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu telah mengetahui jika panggilan orang Bali itu “bli”. tapi apakah panggilan untuk orang Bali hanya bli saja? lalu bagaimana untuk panggilan untuk perempuan? nah mari kita simak beberapa panggilan orang bali yang perlu anda ketahui.

 

Bli

Bli adalah panggilan orang bali yang paling populer di ketahui banyak orang. Panggilan bli (bukan beli) biasanya digunakan untuk laki-laki yang lebih tua tapi tidak terlalu tua atau bisa juga kepada orang yang sebaya yang belum anda kenal. Panggilan bli untuk orang sebaya yang belum anda kenal adalah panggilan paling halus atau paling sopan untuk orang Bali.

 

Gus

Asal kata Gus berasal dari bahasa bali “Bagus” yang artinya ganteng atau tampan. Mungkin kalau bahasa jawa itu panggilan cah bagus, dan bahasa Indonesianya “Dik atau Adek/Adik“. Digunakan untuk laki-laki yang lebih muda dari kita berapapun umurnya, bisa juga digunakan kepada orang sebaya yang belum kita kenal tapi pernah bertemu sampai bertegur sapa hanya tidak tahu namanya. Jangan memanggil dengan panggilan Gus kepada orang sebaya yang benar-benar bahkan anda belum pernah bertemu denganya karena itu tidak sopan.

 

Mbok

Nah mungkin panggilan Mbok adalah panggilan yang membuat beberapa orang luar Bali mengalami cultural chock atau kebingungan budaya khususnya bagi orang Jawa. Karena di Jawa panggilan Mbok itu untuk panggilan Ibu sedangkan di Bali panggilan Mbok itu untuk perempuan yang lebih tua tapi tidak terlalu tua. Kalau bahasa Indonesianya itu Mba’.  Panggilan Mbok untuk perempuan yang sedikit lebih tua dari kita yang belum dikenal juga sama seperti panggilan Bli adalah panggilan paling sopan.

Gek

Panggilan Gek berasal dari kata “Jegeg=Geg=Gek” atau cantik jika diartikan ke bahasa Indonesia. Panggilan ini digunakan untuk perempuan yang sebaya sampai dengan lebih muda berapapun umurnya. Panggilan Gek bisa berkonotasi berbeda di Bali karena jika anda sedang berada di Bali dan anda adalah seorang perempuan lalu dipanggil Gek oleh laki-laki yang anda rasa lebih muda kemungkinan besar anda sedang digoda atau dirayu.

 

Bli Bagus

Jika anda seorang laki-laki dan bukan orang Bali dan kebetulan anda sedang berada di Bali lalu merasa di panggil Bli Bagus oleh seorang wanita yang belum anda kenal. Selamat, berarti anda sedang digoda. Atau jika anda seorang wanita yang melihat seorang pria gagah, ganteng dan menawan yang membuat anda tertarik. coba saja panggil dia dengan sebutan Bli Bagus, saya jamin pria itu akan tersipu. Panggilan Bli Bagus adalah panggilan paling intim untuk pria Bali, paling banyak digunakan oleh para wanita yang sedang kasmaran kepada pria pujaan hatinya, kalau di jawa mungkin mirip dengan “Kang Mas“.

 

Tambahan

Panggilan Bli Bagus berbeda dengan Bli Gus. Walau terdengar mirip namun panggilan Bli Bagus dengan Bli Gus itu sangat berbeda. Jika Bli Bagus sudah saya jelaskan diatas dan untuk semua laki-laki, maka panggilan Bli Gus itu untuk laki-laki yang sedikit lebih tua biasanya bagi mereka yang berwangsa/berkasta Brahmana (bukan panggilan intim). Lalu bagaimana cara mengetahui jika pria itu dari wangsa Brahmana? jika anda tidak tahu panggil saja dia dengan sebutan Bli. Namun dalam budaya Bali biasanya jika seseorang yang sedikit lebih tua diketahui dari wangsa Brahmana maka mereka akan dipanggil Bli Gus. Lalu kemudian ada juga panggilan Bli Gung atau bisa juga dipanggil Bli Agung untuk laki-laki yang sedikit lebih tua dari wangsa/berkasta Ksatria.

Nah itu untuk panggilan khusus untuk laki-laki dari kalangan Brahmana atau Ksatria. Lalu bagaimana memanggil untuk para wanitanya? Untuk perempuan yang sedikit lebih tua dari kalangan Brahmana atau Ksatria biasanya keduanya akan dipanggil Mbok Gek. atau Gung Gek bagi perempuan sebaya atau lebih muda berapapun umurnya untuk kalangan Ksatria. dan panggilan Tu Gek dari kalangan Brahmana untuk perempuan yang lebih muda berapapun umurnya, sebaya, sampai sedikit lebih tua. Nah, mulai bingung kan? tapi anda tidak usah khawatir karena yang perlu anda ketahui hanya 5 panggilan diatas aja. anggap saja panggilan khusus untuk kalangan Brahmana dan Ksatria sebagai tambahan pengetahuan anda saja.

 

Dan itulah beberapa panggilan orang bali yang perlu anda ketahui dan siap anda gunakan saat anda kebetulan berada di Bali atau dimanapun anda bertemu dengan orang Bali. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga