Candi Gunung Kawi, Tampaksiring, Gianyar

By: Bagus Negara
4/5 (1)

Ada banyak tempat yang bisa di kunjungi di ubud yang menjadi icon dan pusat budaya Hindu di Bali. dimana di antaranya adalah alam yang indah dan asri, seni ukir, dan banyak pura mengagumkan dengan arsitekturnya yang luar biasa. tidak salah jika sebuah organisasi pariwisata menyebut bahwa ubud adalah “heaven on earth”. Berbicara mengenai ubud dan sekitarnya, Candi Gunung Kawi adalah pilihan tepat untuk salah satu pilihan terbaik tempat wisata di Bali.

Tentang Candi Gunung Kawi

Gunung Kawi bermakna “Gunung” dan “Kawi= di pahat”, karena Candi Gunung Kawi di pahat di sisi tebing tinggi yang menyerupai gunung. Candi ini tidak hanya sebuah pahatan di dinding tebing melainkan kompleks Candi yang luas, mulai dari pahatan tangga menuju candi hingga ke Pura utama. kompleks candi ini terbelah oleh sebuah sungai pakerisan sehingga candi yang terpahat di sisi tebing ini terlihat seperti saling berhadapan. Ukuran dari candi ini terbilang besar dengan tinggi hampir 10 meter dengan lebar 30 meter.

Candi sisi tebing gunung kawi

Candi kuno gunung kawi

Indahnya candi gunung kawi

Sungai pakerisan candi gunung kawi

Candi gunung kawi

Lokasi Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi berlokasi di desa tampaksiring, hanya 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan atau 40km dari Denpasar. dimana desa ini bersebelahan dengan ubud yang sudah tersohor seantero dunia jadi sangat mudah untuk menemukannya namun anda perlu memperhatikan lebih detail lagi di sepanjang jalan di desa tampaksiring karena hanya ada satu marka jalan sebagai penunjuk arah ke Candi Gunung Kawi, tentunya anda tidak akan tersesat bila bertanya kepada penduduk setempat. [Lihat Peta] dan di kawasan ubud sebenarnya ada dua Pura yang benama Gunung Kawi dimana salah satunya adalah Pura Gunung Kawi Sebatu yang tidak kalah indahnya.

Sejarah Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi di bangun pada abad ke 11AD dimana Bali saat itu di pimpin oleh seorang raja bernama Udayana dari dinasti Warmadewa yang dipercaya datang dari Sriwijaya. Candi Gunung Kawi dipercaya pada awalnya diperuntukan untuk makam para raja-raja Bali dan sebagai simbol kekuasaan raja Bali dimasa itu. kemudian candi ini ditemukan kembali oleh tim arkeolog belanda pada 1920. versi lain menyebutkan bahwa candi ini dibangun oleh Kebo Iwa, dia adalah patih kerajaan bali. konon ia membangun candi ini dengan hanya menggunakan kuku nya dalam waktu sehari, tentu versi ini masih dipertanyakan kebenarannya.

Pemandangan Candi Gunung Kawi

Untuk memasuki kawasan Gunung Kawi Temple anda perlu menuruni puluhan anak tangga dengan pemandangan sawah yang berundag-undag terbentang dengan indahnya di sisi kanan dan kiri. Tepat di tengah kompleks candi terdapat sungai pakerisan dengan airnya yang jernih sehingga membuat suasana semakin damai dan menenangkan.

Pemandangan candi gunung kawi

jalan menuju candi gunung kawi

sawah candi gunung kawi

gerbang masuk candi gunung kawi

dan itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Candi Gunung Kawi di Tampaksiring. datanglah langsung untuk mendapatkan suasana yang memukau dengan pahatan khas abad ke 11. dan jangan lupa juga untuk mengunjungi beberapa tempat indah lainnya di seputaran ubud seperti Pura Tirta Empul yang jaraknya dekat, hanya 2km. Semoga review singkat ini semoga bermanfaat untuk anda sebagai penambah informasi selama anda liburan di Bali. Selamat Liburan, dan Enjoy Bali. 🙂

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu 'gak hanya pantai.

Lihat Juga