Bukit Cinta Campuhan, Jalur Trekking Indah di Ubud

By: Bagus Negara
4.78/5 (9)

Bila anda mengenal daerah ubud sebagai pusat budaya dan kesenian di bali maka anda perlu mengetahui juga sisi lain tentang ubud, dimana juga terdapat sebuah bukit yang indah bernama bukit cinta campuhan atau dengan kalangan remaja menyebutnya dengan bukit cinta. Apakah bukit ini tempat para pasangan berkumpul sehingga di sebut bukit cinta? silahkan baca kelanjutannya dibawah ini.

Lokasi Bukit Cinta Campuhan.
Memang agak sulit untuk menemukan bukit cinta campuhan bahkan untuk orang denpasar seperti saya. tidak hanya sistem jalan di ubud yang sedikit rumit juga karena jalur masuk ke bukit cinta tertutup oleh hotel-hotel. Baik. sebagai patokan utama adalah Museum Blanco di jalan raya ubud. di sebelah selatan terdapat sebuah tikungan. lihatlah Villa IBAH. masuk sekitar 10 meter lalu belok ke kiri menuju sebuah Pura maka anda akan menemukan para pemuda bali yang akan mengarahkan anda ke jalur bukit cinta. oh ya, bli bli nya ramah-ramah loh. untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif parkir sekaligus retribusi sebesar 5000 rupiah saja yang nantinya akan masuk ke kas desa. untuk yang masih bingung saya sediakan peta yang lebih detail. [Lihat Peta]

bukit cinta campuhan ubud

Keindahan Bukit Cinta Campuhan

Setelah anda parkir di sebuah pekarangan Pura maka jalur trekking akan terbentang sejauh 2 kilometer. beberapa hal yang perlu anda siapkan adalah minuman karena anda tidak akan menemukan pedagang diatas sana jika anda kelelahan. ya, saya bilang diatas sana. ya namanya saja bukit tentu tempatnya tinggi. oh ya, jangan lupakan kamera anda, anda tidak ingin melawatkan momen yang indah di bukit cinta bukan?

Jalur trekkingnya sendiri telah dibangun dengan baik selebar kira-kira 1,5 meter. Lalu apasih yang menarik dari bukit cinta campuhan ini? dan mengapa disebut bukit cinta. kesan pertama yang saya dapat dari bukit ini memang berbeda dengan bukit-bukit kebanyakan di pulau Bali. tidak seperti bukit lainnya dengan khas iklim tropis maka vegetasi lebat akan menghiasi sebuah bukit. tapi tidak dengan bukit cinta campuhan. karena permukaan bukit cinta ini dipenuhi dengan pada rumput yang setinggi satu meter yang tumbuh secara alami dengan luas berhektar-hektar, disitulah menariknya.

Kemudian alasan utama mengapa bukit ini disebut bukit cinta karena sebagian besar pengunjungnya adalah yang berpasangan karena memang suasananya yang memang indah. walau begitu saya juga menjumpai beberapa pengunjung bergerombol maupun wisatawan mancanegara. disamping itu juga terdapat beberapa orang yang sengaja menggunakan bukit ini untuk jogging.

Saat anda berada di puncak bukit maka anda baru akan sadar bahwa bukit ini di apit oleh dua lembah kecil dengan aliran sungai di masing-masing sisinya. pada kedua sisi anda bisa menyaksikan dari kejauhan deretan villa-villa mewah dan juga restoran, namun begitu hal tersebut tidak akan mengurangi keindahan bukit cinta.

PESAN PENTING!
Karena bukit cinta campuhan berada di kawasan suci sebuah pura maka anda dilarang keras melakukan hal-hal yang terlarang. ya anda tahu sendiri lah. mohon tetap menjaga kesucian kawasan ini. karena akan ada hukuman yang berat jika anda berani melanggarnya yaitu denda materi, denda barang dan juga denda jiwa atau denda dengan tenaga, anda tidak mau bukan wisata anda berantakan karena hal-hal bodoh. jadi tolong diperhatikan.

Dan itulah sepenggal tentang bukit cinta campuhan yang menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di bali. Semoga menjadi referensi. selamat berwisata, dan Enjoy Bali.

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga