Beji Guwang, Ngarai Tersembunyi di Sukawati

By: Bagus Negara
4.4/5 (5)

Terdapat sebuah tempat indah dan memukau yang sering juga disebut orang lokal sebagai Beji Guwang atau Hidden Canyon kalau orang bule menyebutnya. Ngarai ini terdapat di desa guwang dan kata beji bermakna pancuran air yang terdapat di sungai serta disucikan oleh penduduk setempat.

Ngarai Tersembunyi Beji Guwang

Beji Guwang adalah sebuah sungai dengan dinding batu yang terbentuk dan berpola sangat indah yang terjadi karena kikisan air sungai selama ratusan ribu tahun sehingga tercipta sebuah karya agung yang membuat semua orang berdecak kagum. selain terdapat dinding tebing yang terukir indah terdapat juga beberapa hal lainnya yang tidak kalah indah seperti gugusan bebatuan dengan air yang jernih beriak serta tenang di beberapa tempat sehingga anda dapat berenang di dalamnya.

Beji Guwang

Tempatnya yang tenang penuh kedamaian membuat tempat ini sangat cocok untuk anda melakukan meditasi atau yoga karena nuansanya sangat mendukung apalagi tempat ini jauh dari keramaian. Atau bisa juga untuk sekedar tempat merenung atau menjadi tempat melepas penat nya keramaian perkotaan.

Batu besar beji guwang

indahnya beji guwang

Ngarai sempit beji guwang

Celah ngarai beji guwang

Pemandangan Beji Guwang

Berpetualang di Beji Guwang

Beji Guwang sendiri baru populer semenjak beberapa bulan lalu, karena tempat ini memang hanya diketahui oleh penduduk setempat saja karena berada di kawasan suci, seiring berjalannya waktu penduduk lokal setempat memutuskan untuk membuka Ngarai yang indah ini kepada pengunjung luar untuk mengingkatkan pendapatan desa dan masyarakat lokal.

Lokasi Beji Guwang

Beji Guwang terdapat di desa Guwang yang bersebelahan dengan Sukawati yang terkenal dengan pusat cendramata khas Bali. Berkendara dari Denpasar sekitar 15-20 menit ke arah timur. Karena tempat ini belum begitu populer penunjuk jalan menuju ke beji guwang terbilang sangat kurang tapi penduduk lokal akan dengan senang hati memberikan petunjuk. atau silahkan [Lihat Peta]

Keamanan

Walaupun menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan memukau, beji guwang memiliki penunjang fasilitas yang sangat minim, selain karena baru di buka untuk umum juga untuk tetap menjaga keaslian nya jadi butuh tenaga ekstra untuk bisa menjelajahi ngarai ini.

Bebatuan di tempat ini sangatlah besar, licin dan tajam jadi perhatikan langkah anda. Karena kawasan ini sangat disucikan bagi penduduk setempat, bagi anda yang memiliki indra keenam atau indra yang sensitif, anda akan berkesempatan melihat beberapa penunggu tempat ini salah satunya adalah wujud naga bermahkota seperti penduduk setempat sampaikan. Penunggu di ngarai ini sendiri tidak akan mengganggu anda selagi anda tetap respect dan tidak berbuat buruk.

Faktor keamanan lainnya adalah ketinggian air yang selalu berubah-ubah, dan disaat sedang banjir ketinggian air bisa mencapai 5 meter tapi anda tidak perlu takut karena air di sungai ini di kontrol oleh sebuah bendungan dan seorang penjaga akan memonitor ketinggian air, jika air sedang bajir atau bendungan akan di buka maka pengunjung akan di evakuasi dan tempat ini akan di tutup sementara hingga debit air kembali normal.

Saran

Sangat saya sarankan untuk menggunakan jasa pemandu dari penduduk setempat, selain sebagai penunjuk jalan agar anda tidak tersesat atau mengurangi kemungkinan kecelakaan. mereka juga akan membantu anda membawakan barang bawaan anda dan juga sebagai pengingat untuk anda apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat ini karena kembali lagi tempat ini sangat disucikan agar tidak menggangu para penunggu di tempat ini.

Dan itulah beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang si Ngarai Tersembunyi Beji Guwang, datanglah sesekali sebagai tempat wisata di bali selama anda liburan untuk dapat mengagumi karya alam yang sangat indah. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata. 🙂

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga