Air Terjun Nungnung, Petang, Badung, Bali

By: Bagus Negara
4.67/5 (9)

Jika anda suka wisata petualangan sekaligus mencari tujuan objek wisata maka air terjun nungnung menjadi tempat wisata di bali yang tepat. Ada banyak air terjun indah di bali dimana sebagian besarnya berada di kabupaten buleleng Bali, tapi ada juga air terjun indah yang berada di wilayah luar kabupaten buleleng, seperti kabupaten tabanan, badung, gianyar dan juga kabupaten jembrana di barat pulau Bali dengan air terjun tertinggi di Bali bahkan salah satu tertinggi di Indonesia bernama air terjun Yeh Mesehe. Baik mari kita bahas tentang air terjun nungnung, kecamatan petang, kabupaten badung.

Lokasi.
Air Terjun Nungnung berada di kecamatan petang, kabupaten badung yang berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Denpasar. Lokasi tepatnya air terjun ini berada di wilayah ujung kabupaten badung di sebelah utara dan sebagai saran, gunakanlah peta untuk mempermudah menemukan air terjun ini. Dengan jalur jalan yang berkelak-kelok di sisi tebing dari denpasar menuju kecamatan petang anda akan menemukan pemandangan luar biasa di sepanjang perjalanan. [Lihat Peta]

Keindahan Air Terjun Nungnung

Sesampainya anda di jalan masuk menuju objek wisata air terjun nungnung anda akan diminta tiket masuk sebesar 7500 rupiah per orang. air terjunnya sendiri berada di dasar lembah yang sangat curam dengan sudut kemiringan saat menuruni tebing hingga kira-kira 50-60 derajat berdasarkan perhitungan saya. di Bali sendiri sendiri air terjun yang memiliki tipikal tebing seperti ini hanya dua yaitu air terjun nungnung dan air terjun sekumpul yang bisa dibilang lebih ekstrim, tapi jika anda tidak memiliki ketakutan berlebih pada ketinggian serta menyukai tantangan maka air terjun ini sangat cocok untuk anda.

Berbeda dengan air terjun sekumpul bahkan dimana sisi tangga yang curam itu tidak memiliki penyangga, di air terjun nungnung sangat berbeda. walaupun jalurnya terlihat menakutkan dan melelahkan dengan hampir seratus anak tangga, objek wisata ini sangat dikelola dengan baik dan profesional dan sepertinya telah dibangun fasilitas seperti itu dengan cukup lama. jalur tangganya bisa dibilang cukup lebar dengan konstruksi beton serta diberi handle pengaman.

sungai air terjun nungnung

air terjun nungnung

Jika anda merasa lelah pada saat perjalanan, telah disediakan gazebo di beberapa titik untuk beristirahat yang dibangun pada posisi yang tepat sehingga selain untuk bisa melepas lelah, anda juga bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Jalur menuju air terjun sejauh sekitar 400 meteran jadi tidak usah terburu-buru untuk mendapai air terjun dan juga simpanlah tenaga untuk kembali nantinya. hati-hati juga dengan jalur yang licin karena lumut, karena memang kecamatan petang hampir setiap hari ada hujan begitu pula di kawasan air terjun nungnung.

Pemandangan spektakuler air terjun nungnung akan menyambut anda di ujung tangga dengan tinggi air terjun kira kira mencapai 30 meter dengan aliran air yang sangat deras. saking besarnya air terjun ini, di dasar lembah akan terbentuk kabut tebal yang terjadi akibat dari air terjun nungnung. vegetasi di kawasan air terjun ini sangatlah eksotis, dimana ditumbuhi dengan berbagai jenis tumbuhan khas dataran tinggi seperti paku-pakuan dan yang lainnya.

Datanglah sesekali ke air terjun nungnung jika kebetulan anda sedang berwisata ke bali dan rasakan sebuah petualangan menyenangkan di pedesaan dengan keindahan serta keasrian alam di Bali. Selamat Berwisata dan Enjoy Bali. 🙂

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga