Air Terjun Munduk, Sejuknya Pegunungan Bali

By: Bagus Negara
4.25/5 (4)

Suka wisata air terjun? Bali punya segudang air terjun indah. di web ini anda akan banyak temukan banyak artikel tentang air terjun. silahkan lihat kembali di kategory air terjun. Baik, untuk pembahasan tempat wisata di bali kita kali ini adalah air terjun munduk setelah sebelumnya sudah saya sampaikan tentang air terjun golden valley yang sama-sama berada di desa munduk.

air terjun munduk

Lokasi.
Air terjun munduk berada di Desa Munduk, Kabupaten Singaraja. Terletak di daerah pegunungan yang berhawa sejuk dengan segudang objek wisata alam terbaik di Bali. Lokasi air terjun munduk sekitar 70 km sebelah utara kota Denpasar, atau dengan 2 jam berkendara dengan kendaraan bermotor. memang waktu yang dibutuhkan sedikit lama karena jalan yang menanjak dan berkelok-kelok penghubung kota Denpasar dan Singaraja. [Lihat Peta]

Tentang air terjun munduk

Karena berada di daerah pegunungan maka kawasan desa munduk tempat air terjun ini berada memiliki hawa yang sejuk dan menyenangkan, dipenuhi rimbunnya pohon cengkeh, coklat dan kopi. memang desa munduk khususnya dan desa-desa sekitarnyapun dikenal dengan komoditi perkebunan yang kaya dikarenakan tanah yang subur.

Kembali mengenai pembahasan kita tentang air terjun munduk. untuk mencapai air terjun ini dari pertigaan penghubung kota Denpasar, kota Singaraja dan Kecamatan Busung Biu, anda perlu berbelok ke arah kecamatan Busung Biu sekitar 10 km lagi untuk mencapainya. walaupun tidak berada di pinggir jalan cukup mudah untuk menemukan air terjun ini karena sudah ada petunjuk jalan.

Setelah menemukan titik berhenti menuju air terjun anda perlu memarkirkan kendaraan dan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kira-kira 400 meter karena kendaraan bermotor tidak diperkenankan untuk masuk lebih dalam. tapi jika anda merasa perjalanan dengan berjalan kaki sejauh itu cukup melelahkan ada jasa ojek yang siap mengantar anda lebih dekat dengan air terjun.

Untuk anda yang memutuskan untuk berjalan kaki, jalan setapak menuju air terjun munduk sangatlah menyenangkan dan tidak akan terasa melelahkan karena sepanjang perjalanan akan disugihi pemandangan alam yang indah dengan vegetasi khas dataran tinggi, dan rasa lelah akan terbayarkan begitu anda mencapai air terjun.

Karakteristik

Air terjun munduk memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan air yang jatuh hanya searah, area air terjun ini memiliki lingkar yang cukup lebar sehingga banyak tanah landai untuk menikmati air terjun dari dekat. Kolam dibawah air terjun terbilang cukup kecil untuk seukuran air terjun munduk tapi cukup untuk anda yang ingin sekedar berendam di dalamnya. vegetasi tepat dibawah air terjun memiliki keanekaragaman tumbuhan-tumbuhan indah khas pegunungan tropis seperti bunga-bunga dan pohon-pohon yang berwarna-warni.

Itulah beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang air terjun munduk, semoga menjadi penambah referensi tempat yang ingin anda kunjungi selama liburan di Bali. Semoga bermanfaat, Selamat Berwisata dan Enjoy Bali.

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu 'gak hanya pantai.

Lihat Juga