Air Terjun Jembong, Air Terjun dengan Penataan Terbaik di Bali

By: Bagus Negara
4.64/5 (11)

Ini dia satu lagi tempat wisata di bali berkategori air terjun terindah di bali yang ada di kabupaten buleleng. Namanya air terjun jembong. air terjun ini bisa saya bilang lain dari pada yang lain karena sangat unik dengan penataan wisata yang tertata rapi.

Lokasi air terjun jembong.
air terjun jembong berada di dusun jembong desa ambengan dimana berbatasan dengan desa gitgit yang juga terkenal dengan wisata air terjunnya. Dari kota denpasar berjarak kurang lebih 80 kilometer dan dua jam berkendara menggunakan kendaraan bermotor. PERHATIAN! jangan menggunakan peta yang sudah ada di google map karena peta tersebut SALAH! Anda akan tersesat jika ngotot menggunakan koordinat dari peta tersebut karena lokasinya agak rumit masuk ke kampung-kampung (karena saya mengalaminya langsung.. hehehe..). berikut sudah saya sertakan peta yang benar. [Lihat Peta]

Air Terjun Jembong, Air Terjun dengan Penataan Terbaik di Bali.

Kesan pertama yang baik saya langsung dapatkan bahkan begitu baru sampai di parkiran lokasi air terjun dan saya langsung berucap “wow”. Tidak pernah saya melihat penataan wisata yang dikelola oleh sebuah dusun yang tidak terlalu kaya bisa menata objek wisatanya jadi seindah dan tertata seperti ini, dan kebersihan, hampir di setiap titik beberapa meter terdapat sebuah bak sampah jadi anda tidak akan menemukan sampah berserakan disini.

suasana di air terjun jembong

Sebuah pos “tiket” akan menyambut anda sebelum memasuki kawasan air terjun jembong. seseorang akan menunggu anda disana dan dia bukanlah petugas wisata air terjun ini tapi warga setempat yang sedang dapat giliran piket menjaga pos “tiket” tersebut. jadi air terjun ini dikelola secara bersama-sama oleh penduduk dusun jembong. dan harga tiket masuknya? tidak ada tiket masuk! anda hanya perlu mengeluarkan uang “seiklasnya” untuk dusun jembong dan akan dicatat di sebuah buku. walaupun “seiklasnya” tapi saya mohon jangan hanya mengeluarkan lembaran 5,000 rupiah. seriously dude.. objek wisata seindah ini anda hanya bayar 5 ribu? setidaknya uang “iklas” lembaran 20 ribuan adalah harga yang pantas tapi kalau mau kasih lebih ya lebih bagus lagi, kalau kantong lagi cekak ya tidak apa-apa yang penting iklas itung-itung untuk membantu desa jembong untuk meningkatkan infrastruktur dan pengembangan air terjun jembong yang lebih bagus lagi.

Keindahan air terjun jembong.

baru sampai akses masuk air terjun jembong anda langsung disambut oleh taman mini yang indah dengan beberapa kolam ikan dan penataan tanaman yang sangat tertata. jalan menuju air terjun ada dua sisi, jalan halus dan jalan tangga, anda tinggal pilih. tapi jika hari sedang hujan maka jalan tangga adalah pilihan terbaik karena terkadang jalan halus sangatlah licin oleh lumut karena kita masih berada pada dataran tinggi.

Hal uni lainnya dari air terjun jembong adalah ketika menuju titik air terjun, berbeda dengan air terjun lainnya dimana kita harus berjalan menuruni sebuah lembah atau ke dasar sebuah sungai dan terkadang jalan yang dilewati sangatlah terjal. di air terjun ini terbalik! kita malah naik ke atas ke sebuah bukit untuk mencapai air terjun. di beberapa sudut ada beberapa kolam ikan lagi yang indah salah satu diantaranya ada kolam bernama kolam sefie, jadi silahkan berselfie-selfie ria disana.

air terjun jembong

kolam air terjun jembong

Walaupun posisi air terjun berada atas bukit tapi jalanya tidaklah terlalu jauh hanya 200 meter saja dari parkiran. Air terjun jembong memiliki dua tingkat dengan karakteristik air yang jernih, berarus deras dan bertipe bebatuan, jadi airnya tidak jatuh langsung ke kolam dibawahnya tapi terbentur bebatuan yang membuatnya lebih mempesona lagi. Tepat dibawahnya ada sebuah kolam dan anda bisa berenang di dalamnya. Kedalaman air pada kolam tingkat atas sekitar dada orang dewasa, walaupun bertingkat dua cukup aman berenang di tepi air terjun kedua karena terdapat sebuah pembatas beton jadi anda tidak perlu takut terseret ke air terjun kedua tapi untuk amannya saya sarankan untuk menjauhi tepi air terjun untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan. Oh ya, tinggi air terjun pertama walaupun terlihat kecil di foto yang saya sertakan tapi sebenarnya cukup tinggi, sekitar 15 meteran jadi jangan coba-coba naik ke atas ya walaupun itu memungkinkan karena sangat berbahaya.

indahnya air terjun jembong

Pada air terjun kedua tersedia kolam yang lebih dangkal yang dibuat dengan sengaja dengan membendung beberapa sudut tepi air terjun kemudian airnya dibelokan ke sedemikian rupa tanpa menghilangkan air terjun jembong ini. Sisi pinggir kolam yang dibawah juga sangat aman dengan pembatas beton yang di buat seperti terlihat alami disekelingnya.

Fasilitas Penunjang Air Terjun Jembong.

Nah, seperti yang saya sampaikan tentang bagaimana tertatanya air terjun jembong ini, juga dalam hal fasilitas pendukung. beberapa diantaranya adalah 2 buah rest area berupa gazebo. terdapat 2 toilet yang bisa sekalian tempat bilas dan ganti pakaian dan sangat bersih.

Jadi dengan semua penataan terbaik di air terjun jembong ini apakah akan menjadi salah satu tempat wisata di bali anda kan? tentu saja, sayang jika anda melewatkan air terjun seindah ini saat berwisata ke Bali. Semoga Bermanfaat, Selamat berwisata, dan Enjoy Bali.

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga