Air Terjun Golden Valley, Desa Munduk, Bali

By: Bagus Negara
4.25/5 (4)

Jika anda bertanya apakah Bali itu hanya ada pantai dan budaya saja? maka anda salah karena banyak sekali tempat indah yang sesuai dengan pilihan anda seperti alam yang indah dan yang kita bahas saat ini adalah air terjun. dan Bali adalah surganya air terjun, karena banyak sekali ada air terjun indah di Bali salah satunya adalah air terjun Golden Valley atau dalam bahasa indonesia ari terjun lembah keemasan. mari kita bahas lebih jauh tentang air terjun ini yang menjadi salah satu tempat wisata di bali.

Lokasi.
Air terjun golden valley berada di desa munduk, kabupaten Singaraja. berjarak 70Km dari denpasar atau 2 jam jika berkendara dengan kendaraan bermotor. di Desa munduk sendiri terdapat air terjun lainnya yaitu air terjun Munduk.[Lihat Peta]

Sejarah Air Terjun Golden Valley

Jangan menyebut air terjun dengan ini dengan sebutan indonesia yaitu air terjun lembah keemasan, karena memang nama air terjun ini bernama air terjun golden valley. ada sejarah unik mengapa air terjun ini dinamakan demikian. kisahnya bermula saat seorang berkebangsaan Belanda beberapa tahun lalu yang tinggal di desa munduk berkenalan dengan seorang warga setempat. setelah saling akrab orang Belanda ini berkunjung ke rumah orang ini yang pekerjaan sehari-harinya adalah berkebun. tidak disangka ternyata lahan orang ini ada sebuah air terjun indah namun tidak dikenal orang-orang kecuali oleh para warga desa karena saat itu air terjun munduk lebih populer.

Karena merasa jatuh cinta dengan air terjun ini si orang Belanda ini makin sering datang ke ladang orang ini untuk merenung di air terjun karena suasananya yang indah dan tenang, si orang Belanda bertanya kepada pemilik lahan “mengapa tidak ada yang tahu tentang air terjun ini?” si pemilik lahan menjawab karena lahan tersebut adalah milik pribadi. kemudian orang Belanda ini memberi saran agar si pemilik lahan untuk membuka warung agar setiap si orang Belanda ini datang bisa sekalian minum kopi, yang kemudian warung tersebut diwujudkan dan berdiri sampai sekarang, namuna ada satu hal yang kurang. air terjun ini belum memiliki nama saat itu dan menurut si pemilik lahan ia sendiri yang meminta saran kepada orang Belanda ini untuk menamai air terjun ini. maka keluarlah ucapan “Golden Valley” atau lembah keemasan. ada juga yang beranggapan bahwa nama air terjun golden valley diambil karena letak air terjun ini berada di sebuah lembah dimana pohon cengkeh banyak tumbuh dan saat bunga dari pohon cengkeh ini mekar akan berwarna kuning keemasan.

Tentang Air Terjun Golden Valley

Dilihat dari namanya maka tentu saja air Terjun Golden Valley berada di sebuah lembah di Desa Munduk, karena berada dilahan pribadi maka air terjun ini dimiliki oleh perorangan tapi jangan khawatir karena anda tidak akan dimintai tiket masuk ke kawasan air terjun Golden Valley, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan jangan melakukan vandalisme di kawasan air terjun jika tidak mau di usir oleh tuan rumah. dan jangan lupa sebagai rasa terima kasih karena telah diberi izin untuk menikmati air terjun yang indah ini, mampirlah untuk sekedar membeli kopi hangat yang didapat langsung dari kebun disini, kopinya sedap sekali lho.., perpaduan pas di iklim sejuk pegunungan desa Munduk. mereka juga menyediakan kopi luwak dan juga beberapa minuman. Warungnya sendiri dibangun dari bambu dengan pemandangan tepat mengarah langsung ke air terjun.

Warung air terjun golden valley

suasana golden valley

air terjun golden valley

Nah, sekarang mari kita bahas air terjun Golden Valley. Air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan air yang jernih, juga sebuah kolam yang terbentuk tepat di bawah air terjun dan anda bisa berenang disana. diapit oleh dua buah bukit dengan hawa sejuk pegunungan serta ditumbuhi banyak pepohonan khas perkebunan seperti, kopi, coklat, cengkeh dan sebagainya. suasananya sangat tenang dan nyaman karena hanya ada satu rumah di lembah ini. walau milik pribadi, air terjun ini dikelola dengan cukup profesional dimana pemiliknya menanam berbagai bunga untuk menghiasi dan mempercantik kawasan air terjun Golden Valley. aksesnya pun cukup mudah, walau untuk mencapai air terjunnya anda perlu menuruni lembah dengan melalui jalan setapak, perasaan lelah tidak akan terasa karena pemandangannya yang luar biasa dan akan terbayar sesampainya di air terjun.

Dan itulah ulasan singkat saya tentang air terjun Golden valley semoga menjadi pilihan salah satu tempat wisata selama anda berkunjung ke Bali, Selamat Berwisata dan Enjoy Bali. 🙂

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga