Air Terjun Campuhan Gitgit (Twin Waterfall)

By: Bagus Negara
4.33/5 (3)

Pada tempat wisata di bali kita kali ini adalah air terjun Campuhan Gitgit atau bisa juga disebut air terjun Twin Waterfall di kabapaten buleleng (lagi). Pasti banyak yang heran kenapa sebagian besar air terjun di Bali berada di kabupaten buleleng bahkan hampir 95 persennya ada disana. Ini dikarenakan oleh topografi kabupaten buleleng yang memang dibentengi oleh perbukitan dan gunung-gunung di sisi selatan.

Selain itu memang Bali adalah surganya air terjun, walaupun pulau Bali hanya memiliki luas sekitar 6000 kilometer persegi tapi punya belasan air terjun yg sudah ditemukan, beberapa yang belum terverifikasi, dan juga air terjun yang menunggu untuk ditemukan. Jadi kemungkinan pulau Bali punya hampir 30 air terjun. Bagaimana? keren gak tuh. dan baiklah, tanpa banyak cingcong lagi mari saya jelaskan tentang air terjun campuhan atau air terjun twin waterfall gitgit kalau orang bule menyebutnya.

Lokasi Air Terjun Campuhan Gitgit
Tahu Bedugul kan? itu loh dataran tinggi tepat ditengah pulau Bali dengan objek wisata paling terkenalnya yang diantaranya adalah Kebun Raya Bedugul, Pura Ulun Danu, Danau Beratan, serta Danau Kembar Buyan dan Tamblingan. dimana udara sejuk memikat para wisatawan. nah, kita ambil patokan dari Bedugul lalu terus ke utara ke arah menuju kota singaraja, kira-kira tinggal 15 kilometer lagi dari bedugul atau 65 kilometer dari Denpasar. Tidak perlu pusing untuk menemukannya karena akses masuknya tepat berada dipinggir jalan raya utama. kalau masih bingung saya sudah siapkan peta untuk anda. [Lihat Peta]

Indahnya Air Terjun Campuhan atau Twin Waterfall di Gitgit.

Jangan bingung jika anda pernah mendengar tentang air terjun gitgit karena air terjun campuhan adalah tempat yang berbeda, jadi intinya di gitgit ada 2 air terjun dan salah satunya yang sedang kita bahas kali ini.

air terjun campuhan gitgit

Air Terjun Campuhan sebenarnya terdapat 3 air terjun besar sekaligus (makin keren gak tuh) dengan posisi bertingkat-tingkat saling berjauhan dan yang peling terkenal dan yang bisa digunakan untuk berenang adalah yang paling atas atau yang kembar makanya disebut twin sama orang bule.

Aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun campuhan

Terus apa yang membuat air terjun ini bisa saya anggap keren selain bisa di renangi? pertama karena suasananya benar-benar indah dan asri apalagi memang air terjun campuhan berada di dataran tinggi jadi makin membuat suasana jadi lebih menyenangkan karena udaranya yang sejuk. Kedua adalah aliran sungai tempat air terjun ini berada memiliki kolam-kolam alami dan anda bisa tinggal pilih mau di tempat yang dalam atau dangkal, dengan air yang tenang atau yang sedikit ekstrim seperti bermain seluncur diantara bebatuan.

air terjun campuhan

suasana di air terjun campuhan

Juga disediakan semacam tali, jadi anda tinggal berayun menggunakan tali itu lalu melompat ke dalam kolam, wah pasti seru sekali. Kemudian jika anda tidak ingin berbasah-basah ria anda juga dapat hanya duduk-duduk di gazebo dan tempat duduk yang sudah disediakan sambil memandang indahnya air terjun campuhan ini.

Faktor Keamanan di air terjun campuhan

Awas! karena air terjun ini saling bertingkat disarankan untuk tidak berada terlalu dekat dengan air terjun berikutnya karena anda bisa terseret dan terjatuh ke air terjun. dan satu-satunya air terjun yang boleh anda renangi adalah air terjun yang paling atas karena memiliki kedalaman yang lebih dangkal dari air terjun berikutnya dimana pada air terjun twin dengan kedalaman 2 meter dengan air yang tenang karena air yang jatuh tidak langsung mengarah ke dasar, pada air terjun berikutnya kedalaman air mencapai 8 meter! sangat berbahaya berenang disana karena anda bisa tersedot ke dalam pusaran air. oh ya, hindari air terjun saat cuaca sedang buruk contohnya saat air bah datang dari atas.

Akses dan fasilitas di air terjun campuhan

Pertama kalinya anda memarkir kendaraan akan ada jalan setapak yang sudah di beton menuju air terjun, anda tinggal berjalan kira-kira sejauh 400 meter lagi. Tenang saja, karen perjalanan tidak akan melelahkan karena disepanjang jalan setapak sudah ditata dengan baik dengan berbagai macam bunga-bunga indah menghiasi sepanjang perjalanan. Pada titik tertentu karena berada tepat di area terbuka dan jika cuaca tidak sedang berkabut anda bisa melihat kota singaraja di kejauhan dari atas sana.

Di sekitar air terjun campuhan juga terdapat beberapa warung-warung kecil jadi anda bisa memesan kopi atau teh sangat untuk melawan dinginnya cuaca di gitgit yang berkabut itu. Toilet juga ada dan bisa dibilang cukup bersih.

Semoga bermanfaat, Selamat Berwisata, dan Enjoy Bali. 🙂

Bagikan

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu ‘gak hanya pantai.

Lihat Juga