Air Terjun Banyumala, Kolam Renang Alami Terindah

By: Bagus Negara
4.67/5 (6)

Pernahkah anda berpikir saat mengunjungi wisata alam khususnya air terjun, anda hanya bisa memandang pesona keindahannya tapi tidak bisa menikmati kesejukan airnya dengan berenang? walau anda bisa berenang apakah air terjun tersebut aman? jangan-jangan air terjun tersebut berbahaya, seperti debit air yang jatuh sangatlah deras membuat sebuah cekungan dalam yang bisa membuat anda tersedot kedalamnya. Nah, jika anda menyukai pemandangan indah sekaligus dapat menikmatinya secara langsung maka air terjun banyumala adalah lokasi terbaik. Berikut akan saya jabarkan mengapa air terjun ini bisa dibilang salah satu air terjun terbaik di bali.

Lokasi Air Terjun Banyumala.
Terdapat di kabupaten buleleng dimana kabupaten ini adalah surganya air terjun dan hampir 90% objek wisata disini adalah air terjun dan sebagian besar air terjun di bali berada di kabupaten buleleng. Cukup mudah untuk menemukannya, anda hanya perlu pergi ke Bedugul sebagai patokan utama, lalu berkendara ke arah utara lagi sampai anda menemukan sebuah pertigaan antara Kecamatan Busung Biu dan Kota Singaraja. Belok ke arah kiri tepat pada jalan utama diatas danau Buyan dan Tamblingan. Perhatikan petunjuk arah pada sisi kanan jalan. lalu anda tinggal menyusuri jalan tersebut. [Lihat Peta]

Air Terjun Banyumala, dengan airnya yang jernih dan menyejukan.

Bali dengan segudang jenis air terjunnya memang membuat anda kebingungan memilih air terjun mana yang anda harus kunjungi. Mulai dari air terjun yang spektakuler sampai yang mempesona, dari yang pendek dan pendek sampai yang deras dan tinggi menjulang. Semua bisa anda temukan di Bali. dan jika anda menyukai air terjun yang memiliki semua kriteria tersebut namun masih aman untuk melakukan aktivitas air seperti berenang maka air terjun banyumala adalah jawabannya.

Air terjun banyumala berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun dan yang terbesar dan tertinggi berada tepat ditengahnya, kemudian air terjun yang lebih kecil berada di kanan dan kiri. Tepat dibawah air terjun banyumala terdapatlah sebuah kolam yang terbentuk secara alami dan sebenarnya inilah yang membuat air terjun ini menjadi sangat terkenal.

air terjun banyumala bali

indahnya air terjun banyumala

Dengan airnya yang sangat jernih dan tenang membuat anda bisa merasa aman untuk berenang didalamnya. saking jernihnya bahkan anda dapat melihat dasar kolam ini jika dilihat dari atas walaupun tempat terdalam bisa mencapai kedalaman 2 meter. diameter kolam ini saya perkirakan mencapai 20 meter dengan bentuk hampir bulat jadi cukup ruang untuk banyak orang berenang di dalamnya.

Tidak bisa berenang? tidak perlu khawatir! anda bisa memilih sisi mana anda masuk ke dalam air dan sekalian anda bisa belajar berenang. saya sarankan untuk datang menghindari hari akhir pekan untuk mendapatkan nuansa yang sempurna.

Hal unik yang saya saksikan saat berkunjung ke air terjun banyumala ketika sebagian besar pengunjung ternyata “penyendiri” alias mereka hanya datang sendiri saja dan bisa terpaku berlama-lama disana. memang tidak heran jika saya singkirkan kamera yang saya bawa dan ditemani kopi atau teh hangat, dengan iklimnya yang sejuk karena memang berada di dataran tinggi membuat anda betah berada disini.

Akses menuju air terjun.

Ingat dengan apa yang saya sampaikan diawal? saat anda menemukan petunjuk arah air terjun banyumala maka ada sekitar 3 kilometer lagi jalan dengan jalan yang kurang baik. jadi berhati-hatilah mengendarai kendaraan anda. walaupun anda bisa membawa kendaraan roda empat, anda perlu memarkirkan kendaraan lebih jauh karena akses jalan yang terus menyempit.

Sesampainya anda di tempat parkir, ada jalan setapak lagi jadi anda harus berjalan sekitar kira-kira 400 meteran sampai anda bertemu sebuah pos tiket dengan warung kecil di sampingnya. hanya perlu membayar sebesar 10 ribu rupiah untuk dapat memasuki area air terjun.

Tidak selesai sampai disana. ada jalan yang lebih kecil dengan tangga-tangga buatan yang sedikit cukup curam jadi perhatikan langkah anda apalagi pada saat hari sedang hujan. Memang cukup melelahkan untuk mencapai air terjun tapi semua akan terbayar sesampainya anda di air terjun banyumala. jadi, jadikah air terjun banyumala sebagai salah satu tempat wisata di bali pilihan anda. Selamat Berwisata dan Enjoy Bali. 🙂

Pendapat anda tentang objek wisata ini.

Hi. Saya Bagus Negara, seseorang yang suka jalan-jalan. Juga karena bekerja di industri wisata di Bali. Melalui site ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mengujungi tempat-tempat wisata di Bali. Keep Calm and Enjoy Bali, karena Bali itu 'gak hanya pantai.

Lihat Juga